Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443H

Bagi rekan-rekan semua, saya dan keluarga mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1443H. Mohon maaf lahir dan batin.

Mudah-mudahan amal ibadah kita selama bulan Ramadhan kemarin diterima oleh Allah swt., dan semoga kita disampaikan ke bulan Ramadhan berikutnya.

Alhamdulillah, sekarang kita berangsur-angsur sudah mulai bisa menjalankan Ramadhan dan Idul Fitri secara normal. Itikaf masjid kembali ramai, Idul Fitri kembali semarak, silaturahim dengan sanak saudara pun kembali berjalan.

Di kesempatan ini, saya sekaligus ingin membagikan tulisan lawas, tepatnya 2 tahun lalu saat saya diminta menjadi khatib pada kegiatan shalat Ied 1441H (2020). Saat itu, kegiatan shalat Ied dilakukan secara terbatas (hanya 6 orang) karena situasi pandemi COVID-19.

Mudah-mudahan ini menjadi pengingat bahwa betapa banyak nikmat yang kita lupa syukuri karena dianggap “taken for granted”. Tulisan ini adalah sedikit usaha saya menggali makna di bulan Ramadhan ketika segalanya serba terbatas. Ketika saya membacanya sekarang, sangat menarik bagaimana saya sendiri hampir lupa bahwa dua tahun lalu nikmat berkumpul dan bercengkerama seperti sekarang sedang ‘dicabut’ sementara waktu. Mudah-mudahan kita tidak menjadi orang-orang yang cepat lupa akan pelajaran berharga dari masa lampau.

Semoga bermanfaat.

-Juris dan keluarga-

Link tulisan: https://www.academia.edu/78145444/Refleksi_Bulan_Suci_Menggali_Makna_Menggapai_Taqw%C4%81

Tinggalkan komentar