KyAI (kyai AI), Euforia Umat, dan yang Sering Dilewatkan dari Perbincangan ‘Islam dan Artificial Intelligence’ (dipublikasikan di Academia.edu)

Link: bit.ly/islamdanAI

Bismillah. Berikut terlampir tulisan saya: “KyAI (kyai AI), Euforia Umat, dan yang Sering Dilewatkan dari Perbincangan ‘Islam dan Artificial Intelligence'”. Ini sedikit tanggapan saya terhadap ChatGPT, AI secara umum, dan respon kita sebagai Muslim (Indonesia).

Tulisan ini merupakan adaptasi populer dari artikel ilmiah yg sedang saya submit ke sebuah jurnal pemikiran Islam. Premisnya sederhana: kita sering hype terhadap perkembangan AI dan memikirkan prospek dan tantangan etikanya, padahal permasalahan filosofisnya belum dibahas.

Sebelum baca, mungkin perlu saya katakan 3 hal:

1) Tokoh yang disebut dalam aritkel ini hanyalah studi kasus; kondisi dan gagasan umat lebih penting utk diperhatikan

2) Artikel ini saya akui jauh dari kata sempurna, namun harapannya sedikit membantu menjernihkan persoalan.

3) Saya sangat berharap kedepannya ada yang memang ahli di bidang Islam dan AI sehingga mampu menerangkan persoalannya secara lebih bijak. Biarlah tulisan ini jd tiang penyangga sementara.

Selamat membaca! Jika dirasa bermanfaat, silahkan bagikan ke khalayak yg membutuhkan.

Tinggalkan komentar